Trainning Programs

Program Pelatihan

UPT Bahasa Universitas Tadulako

UPT Bahasa Universitas Tadulako memiliki beberapa program pelatihan untuk  peningkatan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung program pelatihan/Kursus bahasa baik bahasa nasional maupun  bahasa internasional bagi mahasiswa, staf pendidik, staf kependidikan, dan masyarakat. diantara program pelatihan adalah sebagai berikut :

Pelatihan TOEFL bagi mahasiswa

UNIVERSITAS TADULAKO

Test of English as a foreign Language atau test TOEFL merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Bagi kebanyakan orang tidak mudah mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi. Karena diperlukan waktu belajar dan latihan yang intensif untuk mendapatkan nilai TOEFL yang memuaskan

Pelatihan TOEFL bagi mahasiswa UNTAD merupakan program pembimbingan TOEFL bagi mahasiswa tingkat akhir Universitas Tadulako sebagai bekal bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi S2. Sebagai prasyarat mendapatkan pekerjaan, maka dipandang perlu untuk melakukan kegiatan pembimbingan TOEFL bagi mahasiswa tingkat akhir Universitas Tadulako. Oleh karena itu, UPT Bahasa UNTAD memprogramkan kegiatan pembimbingan TOEFL bagi mahasiswa sekaligus melaksanakan tes prediksi pada akhir kegiatan tersebut. 

Pelatihan TOEFL bagi Mahasiswa Pascasarjana Universitas Tadulako

Universitas Tadulako mensyaratkan skor TOEFL sebagai persyaratan masuk dan persyaratan ujian tesis bagi mahasiswa Pascasarjana. Mengapa Universitas Tadulako mensyaratkan skor TOEFL tertentu sebagai persyaratan pendaftaran? Hal ini berhubungan dengan jaminan kelancaran dalam proses belajar nantinya. Proses belajar di perguruan tinggi melibatkan proses penelaahan artikel-artikel jurnal ilmiah internasional yang banyak ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu unuk membuat ketentuan bagi mahasiswa untuk bisa menulis dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah di jurnal ilmiah internasional yang tentunya menggunakan bahasa Inggris dalam penulisannya. Skor  lulus untuk seleksi masuk ke pascasarjana yakni untuk S2 450 dan S3 500. Beberapa mahasiswa pascasarjana  skornya belum memenuhi standar kelulusan, untuk itu UPT Bahasa UNTAD  sebagai salah satu unit kerja dalam lingkup UNTAD yang berfungsi sebagai wadah pelayanan kebahasaan merasa perlu mewujudkan kegiatan ini.

Biaya
Biaya pelatihan TOEFL  bagi mahasiswa pascasarjana : Rp. 600,000,-

Pelatihan TOEFL bagi Dosen Universitas Tadulako

Pelatihan TOEFL bagi Dosen di UPT Bahasa UNTAD juga merupakan wujud implementasi Rencana Strategis Universitas Tadulako 2016 – 2019, program peningkatan mutu SDM dosen Universitas Tadulako pada kemampuan menjawab soal-soal TOEFL. Terutama bagi dosen muda. Mereka harus meningkatkan kompetensinya sebagai tuntutan perkembangan zaman. Salah satu cara peningkatan kompetensi adalah dengan melanjutkan pendidikan baik dalam maupun luar negeri. Namun disadari bahwa kendala terbesar tenaga dosen untuk bisa melanjutkan pendidikan adalah kendala bahasa, yakni rendahnya kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, para tenaga dosen.

Perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri saat ini rata-rata mempersyaratkan kemampuan bahasa Inggris  yang tinggi terhadap calon mahasiswa yang hendak belajar ke Perguruan Tinggi mereka. Lembaga pemberi beasiswa juga memperkuat persyaratan ini, termasuk lembaga pemberi beasiswa Departemen Keuangan RI, dalam hal ini LPDP. Olehnya itu dirasa perlu memberikan pelatihan-pelatihan bahasa Inggris kepada tenaga pendidik tersebut agar kemampuan mereka meningkat.  Oleh karena itu, UPT Bahasa UNTAD memprogramkan kegiatan pembimbingan tersebut dalam kegiatan kursus TOEFL bagi dosen. Kegiatan ini sangat membantu untuk mendapat kesempatan belajar di dalam negeri ataupun di luar negeri.  

 

Pelatihan IELTS bagi Dosen Universitas Tadulako

Peningkatan kompetensi dosen sangatlah penting terutama bagi dosen muda. Mereka harus meningkatkan kompetensinya sebagai tuntutan perkembangan zaman. Salah satu cara peningkatan kompetensi adalah dengan melanjutkan pendidikan baik dalam maupun luar negeri. Namun disadari bahwa kendala terbesar tenaga dosen untuk bisa melanjutkan pendidikan adalah kendala bahasa, yakni rendahnya kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, para tenaga dosen. Perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri saat ini rata-rata mempersyaratkan kemampuan bahasa Inggris  yang tinggi terhadap calon mahasiswa yang hendak belajar ke Perguruan Tinggi mereka.

IELTS atau International English Language Testing System didesain untuk meningkatkan kemampuan bahasa yang ingin belajar atau bekerja di negara yang menjadikan Bahasa Inggris sabagai bahasa komunikasi. Hal ini dibutuhkan sebagai persyaratan bilamana kita ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, bekerja, mengikuti pelatihan di luar negeri, maupun proses keimigrasian.

Pelatihan IELTS  bagi dosen yang  telah dilaksanakan pada UPT Bahasa UNTAD merupakan wujud implementasi Rencana Strategis Universitas Tadulako sepanjang tahun 2012-2019. Program peningkatan mutu SDM dosen Universitas Tadulako pada kemampuan menjawab soal-soal IELTS maka dipandang perlu untuk melakukan kegiatan pembimbingan IELTS  bagi dosen UNTAD. Oleh karena itu, UPT Bahasa UNTAD memprogramkan kegiatan pembimbingan tersebut dalam kegiatan pelatihan IELTS bagi Dosen UNTAD yang

Scroll to top
Kirim Pesan
1
Daftar Tes TOEFL ITP Bulan Juni 2022
Halo..
Apakah anda ingin Mendaftar Tes TOEFL ITP ?
Tes Akan DilaksanakanTes 19 Juni 2022 Apabila Telah Memenuhi Kuota Minimal 10 Peserta
Klik Kirim Pesan