WORKSHOP NASIONAL II FORUM INSTITUSI LAYANAN BAHASA (FILBA) TAHUN 2019 DI UNIVERSITAS MUHAMADIYAH MAKASSAR

FILBA merupakan forum yang profesional, ilmiah, dan kolaboratif dalam bidang pengembangan, penjaminan, dan penyediaan layanan pendidikan/pelatihan, pengujian, penerjemahan, dan layanan-layanan bahasa lainnya. Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) yang diinisiasi oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi dibentuk sebagai upaya untuk mewujudkan kerjasama antar institusi layanan bahasa seluruh Indonesia. Dalam wadah ini, setiap institusi bakal bekerjasama melakukan pengembangan dan penjaminan mutu layanan bahasa, mencakup pelatihan, pengujian dan penerjemahan. Workshop Nasional Perdana Forum Institusi Layanan Bahasa dilaksanakan di UPT Pusat Bahasa Andalas sebagai tuan rumah kegiatan ini dilaksanakan pada 25 – 27 April 2019

Pusat Lembaga  Bahasa Universitas Muhammadiyah Makassar  menjadi tuan rumah pelaksana Workshop Nasional  Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA)  II Tahun 2019. Workshop ini dimulai Rabu – Sabtu ( (18 – 21) September 2019 di Gedung  UPT Bahasa Unismuh Makassar .

Workshop Nasional  Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA)  II Tahun 2019 diikuti para ketua-ketua lembaga bahasa  dari  64 Perguruan Tinggi Swasta  maupun PTN  se Indonesia termasuk UPT Bahasa Universitas Tadulako. Workshop ini dibuka oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM.

Agenda workshop nasional FILBA II tahun 2019, dibagi menjadi  enam (6)  divisi.

Divisi pertama adalah soal kelembagaan dengan agenda, penyusunan draf 2 RPJP dan draf I Renstra FILBA 2019-2024, pembentukan pengurus  wilayah timur, pemenatapan kesekretariatan FILBA, dan persiapan  workshop nasional FILBA III tahun 2019 di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Divisi kedua adalah  standarisasi  dan penjaminan mutu dengan agenda, perumusan standar nasional institusi layanan bahasa tahap I.

Divisi ketiga adalah  pelatihan bahasa dengan agenda,  sharing session layanan pelatihan bahasa, perintisan penyelenggaraan pelatihan bahasa berbasis daring, dan perintisan pembentukan tutor center.

Sementara divisi 4 adalah   pengujian bahasa dengan agenda, sharing session layanan pelatihan bahasa, penyusunan kisi-kisi tes kemahiran bahasa (TKB), pendesainan  format TKB, pengidentifikasian tes kemahiran  bahasa yang telah dikembangkan oleh  institusi  anggota FILBA, penyusunan tata tertib pelaksanaan TKB,  penyusunan mekanisme penanganan mahasiswa yang telah mengikuti  pelatihan dan TKB berkali-kali tetapi belum mencapai skor minimal yang dipersyaratkan. Juga divisi pengujian bahasa ini  akan mengagendakan  penyusunan draf  dokumen kerjasama penyelenggaraan TKB antar ILB anggota FILBA, serta perintisan  pembentukan tes  developer  center.

Sedangkan divisi 5 adalah penerjemahan dan  penyuntingan bahasa dengan agenda,  sharing session  layanan penerjemahan  dan penyuntingan  bahasa, perintisan pembentukan  translator center dan penyusunan desain  pelatihan translator di UNS.

 

Sementara divisi 6 adalah  kerjasama dengan agenda,  penyusunan langkah-langkah  operasional  penjalinan kerjasama dengan kemenristekdikti  dan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri  dan pengayaan budaya.

UPT Bahasa Universitas Tadulako adalah salah satu anggota resmi  FILBA dengan No. Keanggotaan: 38/SEKR.FILBA/II/9/2019 tanggal daftar 19 September 2019. Pada Workshop nasional FILBA II Tahun 2019 di Kampus Unismuh Makassar, UPT Bahasa Universitas Tadulako tergabung pada Devisi 4 Pengujian Bahasa & Devisi 6 kerjasama. Dimana kedua divisi tersebut saling berkaitan.

WORKSHOP NASIONAL II FORUM INSTITUSI LAYANAN BAHASA (FILBA) TAHUN 2019 DI UNIVERSITAS MUHAMADIYAH MAKASSAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Kirim Pesan
1
Daftar Tes TOEFL ITP Bulan Desember 2023
Halo..
Apakah anda ingin Mendaftar Tes TOEFL ITP ?
Tes Akan Dilaksanakan 16 Desember 2023 Apabila Telah Memenuhi Kuota Minimal 10 Peserta
Klik Kirim Pesan