Penyelenggaraan FILBA II 2023

Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) menyelenggarakan rangkaian agenda Workshop Nasional II di The Vasini Hotel Bali Denpasar dengan pihak penyelenggara dari Universitas Udayana (UNUD) dimulai pada tanggal 19 – 21 Oktober 2023. UPA Bahasa Universitas Tadulako sebagai salah satu Pengurus Nasional turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Workshop ini diikuti ratusan peserta, baik pimpinan maupun delegasi dari berbagai UPT/Pusat Bahasa se-Indonesia. Dalam workshop nasional kedua ini, UPT Bahasa Universitas Udayana menghadirkan dua pembicara utama yakni Ari Dwipayana selaku Koordinator Staff Khusus Kepresidenan RI dan Dewi Lestari serta lima orang pembicara lainnya dalam lingkup akademisi yang terdiri dari para dosen dan guru besar dengan keahliannya masing-masing. 

Pelaksanaan workshop ini diharapkan menjadi momentum bagi para peserta untuk lebih saling mengenal satu sama lain, utamanya bagi UPT/Pusat Bahasa yang baru bergabung dengan FILBA dan tentunya menjadi wadah untuk berbagi ilmu khususnya penerapan IT dalam bahasa sebagai salah satu upaya menghadapi disrupsi budaya. “Besar harapan saya, bapak/ibu mendapatkan pengetahuan yang luas dalam kegiatan ini, di mana nantinya dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, baik sebagai akademisi ataupun professional dalam bidang Bahasa,” ujar Ketua UPT Bahasa. 

Sementara itu Ketua FILBA Nasional Dr. Soni T. Tandiana, S.Pd., dalam hal ini menyampaikan, perkembangan FILBA dari tahun ke tahun sangatlah signifikan, kegiatan workshop yang dilaksanakan setahun dua kali dan yang sekarang ini  diselenggarakan di Universitas Udayana Bali, dan tahun depan akan selenggarakan di Universitas Negeri Medan dan Universitas Indonesia. Workshop kali ini mengambil tema “Apliaksi IT dalam Bahasa Menghadapi Disrupsi Budaya”. Di FILBA tersebut dibagi menjadi tiga wilayah yaitu musyawarah wilayah barat, pengurus wilayah tengah dan pengurus wilayah timur. Pengurus wilayah barat kepemilihan pengurusannya dilaksanakan pada saat rakernas di bulan Januari yang diselenggarakan di ITB Bandung, sedangkan besok akan diselenggarakan musyawarah pengurus wilayah timur dan untuk bulan Juni yang akan datang pemilihan pengurus wilayah tengah, sedangkan pemilihan musyawarah nasional dan pemilihan pelantikan kepengurusan dilakukan pada bulan Desember awal tahun 2022 kemarin.

FILBA sendiri juga telah menyelesaikan standar nasional institusi layanan bahasa yang sudah di sahkan dalam musyawarah nasional dan dalam jangka waktu dekat akan ada persetujuan oleh Kemendikbud. Selain itu FILBA juga sedang mengembangkan akreditasi institusi layanan bahasa untuk Lembaga Akreditasi Mandiri Institusi Layanan Bahasa, dan berharap workshop tahun depan LAM FILBA untuk institusi layanan Bahasa bisa dibuka dan dilaksanakan. Sertifikasi kompetensi penerjemah juga nantinya akan dikembangkan pada FILBA. “Mudah-mudahan nantinya ada kolaborasi antara pakar penerjemah dari Unud dengan universitas lainnya, serta ke depan FILBA terus berkembang dengan berbagai produk yang bermanfaat untuk kita semua sebagai institusi layanan bahasa,” ucap Ketua FILBA Nasional.

Penyelenggaraan FILBA II 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
Kirim Pesan
1
Daftar Tes TOEFL ITP Bulan Desember 2023
Halo..
Apakah anda ingin Mendaftar Tes TOEFL ITP ?
Tes Akan Dilaksanakan 16 Desember 2023 Apabila Telah Memenuhi Kuota Minimal 10 Peserta
Klik Kirim Pesan